Oleh: Worksite Pelita Hati | April 28, 2010

SYUKUR *

Syukuri apa yang ada

hidup adalah anugrah

tetap jalani hidup ini

melaku kan yang terbaik

Tuhan pastikan menunjukan kebesaran dan kuasa-Nya

Bagi hambanya yang sabar dan tak kenal putus asa…

(D’masive-jangan menyerah)

Hamba yang makin tinggi dan sempurna ketaatannya kepada Allah, akan maikn banyak pula syukurnya kepada-Nya. Menempatkan kenikmatan yang ia terima dari Allah SWT. Di tempat yang mulia. Karena nikmat itu adalah anugrah yang patut di junjung tinggi. Caranya dengan berfsyukur kepada Allah atas semua kenikmatan yang sudah diterimanya. Harta anugrah itu dipergunakan untuk kepentingan ibadah dana amal yang sesuai dengan aturan dan perintah Allah, tidak dipergunakan untuk kemaksiatan dan kerusakan dirinya dan masyarakat.

Syukur nikmat itu kwajibannya tetap. Artinya bagi hamba Allah ynag beriman, iqa selalu terus menerus berteri makasih kepada Allah, karena sangat banyak pemberian Allah Ta’la yang telah diterimanya. Dengan bersyukur atas nikmat Allah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh-Nya, maka Dia pun akan menambah nikmat-Nya kepada manusia, sesuai dengan firman Allah:

Jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah rezekimu…(Qs Ibrahim ayat 7)

Tambahan dari Allah itu, tidak lain adalah dengan syukur nikmat dan melaksanakan ketaatan dengan suka berbuat baik dan beradab mulia.

Bersyukur kepada Allah itu ada tiga cara, yaitu bersyukur dengan lisan, dan bersyukur dalam sikap perilaku (perbuatan) dan bersyukur di dalam hati

1. Beresyukur dengan lisan

Adapun syukur dengan lisan yaitu dengan memperbanyak puji syukur kepada Allah, sambil membaca Alhamdulillah, sesuai dengan firman Allah :

Adapun nikmat Allah hendaklah kalian sebut-sebut dengan mengucapkan syukur, Alhamdulillah…(Ad-dhuha ayat 11)

khalifah Umar bin Abdul Aziz berkata

mengingat-ingat nikmat Allah yang telah engkau terima, maka itu pun termasuk mengucapkan syukur, sedangkan syukur dengan lisan, maka ia telah mengucapkan pujian terhadap Allah”

Dalam suatu hadist yang berasal dari sahabat Nu’man bin Basyir, Nabi Muhammad SAW. Bersabda

Barangsiapa yang tidak bersyukur kepada pemberian yang sedikit, maka sudah tentu ia pun tidak akan bersyukur pada pemberian yang banyak. Siapa yang tidak pernah berterima kasih kepada manusia, ia pun tidak pernah bersyukur kepada Allah”

2. Bersyukur dalam dalam sikap prilaku (Perbuatan)

Adapun bersyukur dalam bentuk sikap tingkah laku dan perbuatan adalah dengan dengan melaksanakan amal ibadah dengan anggota badan. Dengan amal saleh dengan prilaku mulia dan budi bahasa yang terhormat. Pemberian dan nikmat Allah itu syukuri dalam tindakan perbuatan nyata. Seperti firman Allah :

Beramallah, hai keluarga Nabi Daud, sebagai tanda syukur kepada Allah…(Saba’ ayat 13)

3. Bersyukur di dalam hati

Bersyukur di dalam hati ialah memantapkan dalam hati bahwa semua nikmat itu adalah dari Allah walaupun baik ataupun buruk. Seperti firman Allah :

Apa saja yang engkau terima, itu semua dari Allah jua… (An Nahl ayat 53)

Bersyukur secara batin paling rendah adalah sabar dan paling tinggi adalah ilmu, bersykur kepada Allah tidak cukup dengan ucapan lisan belaka akan tetapi bersyukur dengan mengikut sertakan seluruh anggota badan dengan merasakan dengan kenikmatan syukur dalam kehidupan ajsmani dan rohani. Firman Allah :

Hendaklah menjadi hamba-hamba yang bersyukur…(Al Isra ayat 3)

Sidahkah kita bersyukur disaat terbangun dan saat sholat lima waktu…?

Tak ada manusia yang terlahir sempurna

jangan kau sesali segala yang terjadi

kita pasti pernah mendapatkan cobaan yang berat

seakan hidup ini tak ada artinya lagi….

(D’masive-jangan menyerah)

*maliki

anggota kajian Pelita Hati


Responses

  1. alhamdulillah tulisan ini sangat membantu q… makasih ya.

  2. Brsyukur dalam syariat yaitu bersyukur scra lisan,bersyukur dlam thorikat yaitu bersyukur dlam perilaku dan perbuatan,bersyukur dalm hakikat yatu bersyukur dalm hati n bersykur dalam makrifat yaitu bersykur meliputi lisan,perilku n hati menyebar dlm jasmani n rohaniyahnya walau baik n buruk kondisinya,smua itu rahmat dr Alloh y di tebarkn dg penuh hikmah bagi org2 yang mau mengembil plajaran


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: